Sabtu, 22 November 2014

PERKEMBANGAN KOMPUTER

0 komentar

1.      PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer masih merupakan suatu yang baru bagi kita,demikian juga halnya dengan ‘ilmu komputer ‘ atau Computer Science masih sangat sedikit dan belum dikenal oleh masyarakat kita. Banyak orang menyamakan antara komputer dengan ilmu komputer. Ini merupakan suatu penafsiran yang salah, karena pengertian komputer itu sendiri adalah berasal dari kata ‘to compute’ yang artinya adalah menghitung , jadi komputer bolehlah kita sebut sebagai mesin hitung.
                Tetapi pengertian Ilmu Komputer itu sendiri adalah luas, yaitu pengetahuan dalam bidang penggunaan dan tata cara bekerjanya suatu komputer. Pengetahuan tentang cara bekerja komputer ini kita sebut juga Electronic Data Processing disingkat EDP. Jadi Ilmu Komputer tersebut erat sekali hubungannya dengan tata Electronic Data Processing.
                Kemajuan yang sangat pesat dalam bidang elektronik sekarang ini juga sangat mempengaruhi pesat majunya ilmu komputer. Di negara-negara yang sudah maju, ilmu komputer sudah memasuki segala bidang kegiatan yang dilakukan masyarakatnya, baik dalam bidang bisnis, pengobatan, militer dsb, bahkan dalam bidang angkasa luar sekalipun. Hal ini terbukti dengan penggunaan komputer yang bisa memonitor dan mengendalikan pesawat ‘ Columbia ‘ hingga ia sukses melakukan perjalanan angkasa pulang pergi dari bumi ke orbit dan kemudian bisa kembali lagi ke bumi dengan selamat.
                Bagi kita bangsa Indonesia, walaupun ilmu komputer masih merupakan sesuatu yang masih baru, tapi kita tidak boleh ketinggalan dalam kemajuan teknologi modern ini, kita harus menerima kenyataan tersebut. Kita harus mau belajar dan memepelajarinya. Sebagian orang beranggapan bahwa dalam mempelajari ilmu komputer orang harus mempunyai I.Q yang tinggi dan harus ahli dalam metematika. Apakah anggapan tersebut benar?
                Memang, banyak komputer digunakan orang untuk pemecahan persoalan matematika yang cukup rumit, seperti persamaan, diferensial, matriks, linier programing, statistika dsb. Tetapi janganlah dilupakan bahwa komputer itu bukalah semata-mata diciptakan untuk memecahkan problema matematika saja. Tetapi juga banyak masalah lain yang kita bisa kerjakan dengan bantuan komputer seperti penatalaksanaan administrasi, akuntansi dan lain sebagainya. Hal yang disebut belakangan ini tidaklah memerlukan pengetahuan matematika yang tinggi, tetapi cukup memerlukan cara berpikir yang logis. Yankinkanlah diri kita bahwa hampir semua orang mampu berpikir secara logis, baik kita sebagai seorang akuntan, politisi, dokter, pengacara,polisi dll.

Leave a Reply

Labels