Selasa, 18 November 2014

Generasi Komputer

0 komentar


Generasi Komputer
Komputer pertama yang menggunakan komponen elektronika adalah ENIAC yang dibuat oleh Eckert Mauchly.Tapi komponen yang digunakan pada komputer tersebut tidak sama dengan komponen –komponen yang digunakan pada komputer sekarang iniuan. Dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik,begitu juga halnya dengan penemuan peralatan komputer. Kemajuan-kemajun yang dicapay manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut kita bisa membagi atas  3 generasi, ada yang atas 4 generasi, sampai saat ini.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Komputer dengan komponen elektronika yang berupa Vacum Tube atau tabung hampa kita sebut sebagai permulaan  dari generasi komputer. Peralatan-peralatan komputer jenis ini masih dalam ukuran yang sangat  besar sehingga memerlukan ruangan atau tempat yang luas. Sipat dari komponen ini banyak mengeluarkan panas, sehingga memaksa orang untuk menyediakan alat pendingin [AC] yang banyak. Proses dan kapasitas dari komputer ini juga masih kecil dan sangat terbatas sekali.Contoh komputer generasi pertama ini adalah IBM-650. Di samping IBM, pabrik-pabrik komputer lainnya juga sudah mulai memproduksi komputer ini seperti UNIVAC, RCA,BURROUGHS, HONEYWELL dll.
KOMPUTER GENERASI KEDUA
Semenjak ditemukannya “ Transistor “, maka orang mulai menggantikan peranan tabung hampa tersebut dengan transistor. Jika dibandingkan dengan tabung hampa maka peralatan transistor ini lebih kecil, sehingga komputer yang menggunakan alat ini jauh lebih kecil ukuran fisiknya. Disamping ukuran yang semakin kecil, ciri-ciri lain dari jenis komputer kedua ini adalah : kecepatan yang semakin tinggi dalam melakukan pengolahan data, tidak banyak panas, dan kapasitas memori yang semakin besar. Komputer generasi ini juga sudah mengenal Teleprosessing, yaitu proses data lebih jauh antara satu komputer dengan komputer lainnya. Contoh komputer generasi kedua adalah IBM Model 1620, IBM 1401 dll.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Kemajuan teknologi elektronika terus berkembang hingga orang bisa menemukan suatu komponen komputer yang sangat kecil ukurannya, yaitu berupa SOLID LOGIC TECHNOLOGIE dan MONOLITHIC INTEGRATED CIRCUIT. Dengan menggunkan komponen ini ukuran komputer juga semakin kecil, kapasitas memori menjadi sangat besar dan proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.
Selain perkembangan dalam peralatan-peralatan komputer, perkembangan dukungan atas komputer semakin maju. Orang telah bisa membuat suatu sistem yang memungkinkan komputer bisa dilakukan lebih dari satu macam dalam saat bersamaan ( multi- programing ). Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/370 yang digunakan oleh PEMDA DKI, UNIVAC 1106 yang dipakai oleh HANKAM dan DEP. KEU. Saat ini orang telah menemukan alat SEMI CONDUCTOR dan INTEGRATED CIRCUIT ( IC ) yang digunakan pada memori dalam mesin komputer. Tetapi perkembangan ini tidak sejauh perkembangan yang dialami dari komputer generasi pertama, kedua dan ketiga. Namun rupanya ada perbedaan pendapat diantara para ahli mengenai generasi komputer ini.
Menurut G.L. Simons. Prototipe komputer generasi kelima ditargetkan untuk dibuat pada tahun 1991. Lepas dari berhasil tidaknya niat itu, satu hal sudahlah nyata. Paling sedikit, dalam perhitungan Simons itu, kita telah mengenal adanya empat generasi komputer. Dan bermodalkan keempat generasi itu, para ahli merencanakan komputer generasi kelima yang jauh lebih ampuh lagi.
Ternyata tidak semua orang sependapat dengan Simons bahwa kini kita telah memliki empat generasi komputer. Dan sebaliknya, ada pula orang yang beranggapan bahwa kini kita telah mengalami lima generasi komputer.

Leave a Reply

Labels