Kamis, 06 Februari 2014

SISTEM AUDIO

0 komentar

SISTEM AUDIO
Sebelum ke SISTEM AUDIO, kita ketahui dulu peralatan untuk Audio itu sendiri.
Peralatan audio adalah perangkat elektronika yang menghasilkan frekuensi suara yang dapat didengar oleh manusia baik untuk rumah tangga ,perkantoran ,rumah sakit,ataupun untuk fasilitas umum.Seperti Pesawat Tape Recorder,VCD,Radio,VCR,Tone Control,Equalizer,Mixer Audio,Power amp,dll.
Bekerja dengan Audio berarti bekerja dengan sistem bunyi (Sound System).Sistem Audio elektronik di dasarkan pada satu konsep yang sederhana,mengambil gelombang suara, mengkonversinya kedalam satu sinyal audio dan memanipulasinya menjadi seperti yang di inginkan,kemudian mengubahnya menjadi gelombang suara kembali.

Untuk sistem bunyi ada dua komponen utama dalam proses pembentukannya,yaitu :
1.Tranduser
Tranduser adalah alat yang dapat mengkonversikan energi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.Terdapat dua jenis tranduser ,yaitu micropon ( untuk mengkonversikan gelombang suara menjadi sinyal audio),dan speaker (untuk mengkonversikan sinyal audio menjadi gelombang suara)
2.Amplifier
Amplifier merupakan alat yang akan menguatkan sinyal audio (menguatkan amplitudo).
Nah,sekarang kita ke sistem audio ya,,
Selain bentuk sederhana seperti yang di atas,Sistem audio di bagi menjadi tiga bagian yaitu :
1. Sumber
di bagian ini mencakup bagaimana sinyal audio diciptakan, dapat berupa sumber suara langsung baik suara manusia maupun suara yang di timbulkan oleh alat musik lainnya.
2. Proses
di bangian ini mencakup proses dimana sumber suara masuk kedalam micropon sehingga menghasilkan energi listrik,nah kemudian energi listrik tadi di perkuat menggunakan alat yang di sebut Amplifier.
3.Keluaran
di bagian keluaran ini adalah proses akhir dimana sumber suara yang telah menjadi energi listrik dan di perkuat dengan Amplifier kemudian di rubah lagi menjadi gelombang suara seperti semula menggunakan alat yang di sebut Speaker.
Nah itulah sedikit pengetahuan yang saya ketahui,,,semoga bermanfaat ya,,,!

Leave a Reply

Labels