Rabu, 18 Juni 2014

penyakit cystitis

0 komentar

Gejala Penyakit Cystitis

Gejala penyakit cystitis adalah rasa ingin terus buang air kecil, rasa sakit atau nyeri saat kencing dan juga rasa nyeri pada kandung kemih. Ciri-ciri cystitis juga dapat disebabkan oleh kondisi lain sehingga jika anak anda menderita gejala diatas segeralah periksakan ke dokter urologi terdekat.
Tanda-tanda penyakit sistitis yaitu :
  • Dorongan untuk buang air kecil secara terus-menerus
  • Rasa sakit seperti terbakar ketika buang air kecil
  • Sering kencing tapi hanya sedikit yang keluar
  • Adanya darah dalam urin (hematuria)
  • Air seni berwarna keruh atau berbau tajam
  • Ketidaknyamanan pada daerah panggul
  • Adanya rasa seperti tekanan pada perut bagian bawah
  • Demam ringan
Gejala penyakit cystitis pada anak-anak bila anak menderita ngompol pada siang hari mungkin merupakan dapat menjadi tanda dari infeksi saluran kemih. Namun mengompol pada malam hari mungkin bukanlah infeksi saluran kemih. Segera hubungi dokter jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala umum untuk infeksi ginjal seperti nyeri punggung atau pada perut bagian samping, demam dan menggigil, mual dan muntah.

Gejala Cystitis Pada Wanita

gejala penyakit cystitis pada wanitaSistitis lebih sering terjadi pada wanita karena perempuan memiliki saluran uretra yang pendek. Uretra adalah saluran yang membawa air kencing atau urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Lubang uretra ini juga terletak sangat dekat dengan anus sehingga sangat mudah bagi bakteri yang berada di anus untuk mencapai kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Wanita yang menderita penyakit sistitis harus segera memeriksakan diri ke dokter urologi jika mengalami gejala-gejala sistitis untuk pertama kalinya. Perempuan yang terkena sistitis lebih dari tiga kali dalam satu tahun harus melakukan kontrol ulang dengan dokter secara teratur.
Hampir semua wanita akan terkena sistitis setidaknya sekali dalam seumur hidup. Sekitar satu dari lima wanita yang pernah menderita infeksi kandung kemih dapat terkena infeksi penyakit cystitis kambuhan. Penyakit cystitis pada wanita dapat terjadi pada semua umur tetapi lebih sering terjadi pada ibu hamil, wanita yang aktif secara seksual, dan wanita yang telah mengalami menopause.

Cystitis pada pria

Sistitis jarang terjadi pada pria. Namun laki-laki yang terkena sistitis kondisinya dapat lebih serius karena dapat disebabkan oleh infeksi prostat seperti prostatitis, obstruksi pada saluran kemih seperti tumor atau pembesaran prostat. Penyakit cystitis pada pria biasanya terasa sangat menyakitkan tapi tidak akan mengakibatkan masalah yang serius jika diobati dengan cepat. Pria yang melakukan anal seks tanpa kondom akan lebih berisiko terkena cystitis.

Cara Mengobati Cystitis

Pengobatan cystitis karena bakteri adalah antibiotik. Cara menyembuhkan sistitis jenis lain tergantung pada penyebabnya. Sistitis ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Cara mengobati penyakit cystitis yaitu dengan minum banyak air dan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen. Sebaiknya anda jangan melakukan hubungan seksual sampai sistitis sembuh karena seks dapat membuat cystitis menjadi lebih parah. Sistitis yang lebih parah mungkin memerlukan pengobatan dengan antibiotik dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter urologi. Infeksi kandung kemih yang tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi pada ginjal.

Leave a Reply

Labels