PRINSIP KERJA KOMPUTER
- PRINSIP PERTAMA
Komputer adalah
Merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya
menjadi suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di
memorinya, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya, dimana
bekerja secara otomatis.
- Input Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
- Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu;
1. Control Unit (CU), merupakan
komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada
komputer, mulai dari input device sampai output device.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU),
merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah,
mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Read Only Memory (ROM), yaitu memori
yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat diubah dan dihapus dan sudah diisi
oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan.
Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan jenisnya
antara lain ;
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik.
4. Random Access Memori (RAM) adalah
memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program
yang kita olah untuk sementara waktu (power on). Jika komputer kita matikan,
maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah
mempercepat pemroses data pada komputer.
- Memoryadalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu;
- Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan yang lainnya.
Jadi prinsip
kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data
tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data
yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang
disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Sebuah komputer
dapat bekerja dengan melibatkan tiga elemen penting. Dalam penggunaan komputer
sehari-hari, ketiga elemen tersebut terdiri dari:
1. Hardware
(perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat dilihat
dan dirasakan.
2 . Software (perangkat
lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu
pekerjaan sesuai dengan yang di kehendaki. Program tersebut ditulisi dengan
bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
3. Brainware
(user atau sumberdaya manusia), personil-personil yang terlibat langsung dalam
pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, user, dan
lain-lain.
- PRINSIP KEDUA
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
1. prinsip kerja komputer pada prinsipnya
komputer bekerja berdasarkan program/perintah yang dijalankan oleh pemakai
komputer, kemudian dari program perintah tersebut oleh komputer akan diproses
sehingga akhirnya menghasilkan suatu informasi sebagai hasil dari proses
komputer
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
2. Prinsip kerja komputer ada 3 tahap
bagian pemasukkan (input device) adalah perintah/progran yang kita jalankan
bagian pengeluaran (output device) adalah hasil proses komputer bagian pemroses
(proses device) adalah yang mengolah data input
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
3. skema prinsip kerja komputer seperti
di bawah ini input pemroses output
PRINSIP KERJA
KOMPUTER
4. perangkat input (input device) yang
dimaksud dengan input device adalah semua alat pada komputer yang digunakan
untuk memasukkan data ke bagian pemrosesan komputer misal : keyboard, mouse,
joystik, cd-rom, harddisk, disket, scanner perangkat proses (input device) yang
dimaksud dengan proses device adalah alat pada komputer yang digunakan untuk
memprosessemua data yang diinputkan melalui alat input yang kemudian hasil
pemrosesannya akan ditampilkan ke alat ouput. misal : cpu (central processing
unit) PRINSIP KERJA KOMPUTER
5. prinsip kerja cpu storage PRINSIP KERJA KOMPUTER
6. besaran-besaran yang berhubungan
dengan microprocessor komputer
7. ram (random acces memory) RINSIP KERJA KOMPUTER
8. perangkat output KOMPUTER
Ketika
teknologi yang digunakan pada komputer digital telah berganti secara dramatis
sejak komputer pertama kali digunakan pada tahun 1940-an, komputer kebanyakan
masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh
John von Neumann.
Arsitektur Von
Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliko 4 bagian utama: Unit Aritmatika dan
Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”
Memori
modul memori RAM
modul memori RAM
Di sistem ini,
memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung
dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin
menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel
mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah.
Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data
mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya
menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan
sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode
pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar,
suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam
satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat –
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu
chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses
Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika
dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan
pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit
inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol
menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU
untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih
tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki
oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)
informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang
bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer
digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang
dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya
mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik.
Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123,
dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat
akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di
sel 345″.
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi
001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer
tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang
biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin
tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan
ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter
dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa
mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama – mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari
komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah
dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya
dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal
computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3
milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa
mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka
melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
“programmer.” “Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan
komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah
dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua
dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering
diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program
lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di
antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi
ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode
komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer,
setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem
operasi.
Sistem operasi,
menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti
memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk
menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
Cara Kerja Komputer secara
Umum
Diposkan oleh
Naufalgroups
Secara
sederhana cara kerja sebuah komputer adalah sebagai berikut :
Pada komputer,
terdapat 3 komponen utama yang terlibat dalam proses alur kerja secara umum
yaitu Processor, RAM dan HDD. Ketiganya dapat kita sebut sebagai komponen
utama.
Saat kita
pertama kali menyalakan sebuah komputer, maka komponen yang pertama kali
bekerja adalah Processor. Processor berfungsi mengolah data menjadi sebuah
informasi, dan untuk melakukan itu dibutuhkan data yang umumya disimpan didalam
HDD.
Tapi proses
diatas memiliki satu masalah yang serius, yaitu perbedaan teknologi antara
Processor dan HDD yang membuat performa keduanya berbeda jauh. Processor
merupakan komponen digital yang bekerja sangat cepat dalam satuan gigabytes /
detik, sedangkan HDD merupakan perangkat mekanis (semi digital) yang bekerja
dalam satuan megabytes / detik. Sebagai perbandingan, pengolahan internal
Processor memiliki Clock Speed mencapai 3 GHz (atau 1/3 miliar per-detik),
sedangkan HDD memiliki pengolaham setara dengan 15K (atau 15000 putaran
per-menit). Perbedaan performa ini tentu membawa masalah, karena processor akan
terus-menerus membutuhkan pasokan data dari HDD, tapi HDD selalu terlambat
memberikannya.
Untuk itu diciptakan komponen RAM untuk menjembatani
masalah ini. RAM merupakan memory berkecepatan tinggi karena seluruhnya bekerja
dengan proses digital seperti processor. Dengan RAM, maka data-data yang
dibutuhkan processor dengan cepat bisa diberikan karena berjalan dalam
arsitektur bus yang sama dengan Processor (Front Side Bus). Jadi fungsi RAM
adalah jembatan data antara processor dengan HDD.